Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

'Aqidah

Anda Bahagia atau Celaka?

Kebahagiaan (as-sa’adah) adalah mati dalam keimanan, sedangkan kecelakaan (asy-syaqawah) adalah mati dalam kekufuran. Keduanya telah ditetapkan sejak azali tidak bisa berubah dan berganti.

Apa yang terjadi di ujung kehidupan seseorang, itu menunjukkan ketetapan yang telah Allah tetapkan sebelumnya.

Jika seseorang mati dalam keadaan beriman, itu menunjukkan bahwa Allah telah menetapkannya fil azal termasuk orang yang bahagia/selamat, meskipun dalam kehidupannya didahului oleh kekufuran.

Sedangkan orang yang mati dalam kekufuran, itu menunjukkan bahwa ia fil azal termasuk orang yang celaka, meskipun ia sempat beriman.

Hal ini ditunjukkan oleh Hadits Shahihayn:

إن أحدكم ليعمل بعمل أهل النار حتى ما يكون بينه وبينها إلا ذراع فيسبق عليه الكتاب فيعمل بعمل أهل الجنة فيدخلها، وإن أحدكم ليعمل بعمل أهل الجنة حتى ما يكون بينه وبينها إلا ذراع فيسبق عليه الكتاب فيعمل بعمل أهل النار فيدخلها

Artinya: “Sesungguhnya salah seorang di antara kalian beramal dengan amalan ahli neraka, hingga jaraknya dengan neraka tinggal sehasta, namun ketetapan Allah telah mendahului, lalu ia beramal dengan amal ahli surga, dan ia masuk surga. Dan salah seorang di antara kalian beramal dengan amalan ahli surga, hingga jaraknya dengan surga tinggal sehasta, namun ketetapan Allah telah mendahului, lalu ia beramal dengan amal ahli neraka, dan ia masuk neraka.” (Catatan: redaksi Hadits sebagaimana disebutkan di kitab rujukan)

Rujukan: Tuhfatul Murid ‘Ala Jawharatit Tawhid, karya Syaikh Ibrahim bin Muhammad Al-Baijuri Asy-Syafi’i, terbitan Dar Al-Kutub Al-Islamiyyah, Jakarta, Indonesia, hlm. 132.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui social media seperti facebook, twitter dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Abu Furqan Al-Banjary

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Pimpinan Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Leave a Reply

Theme by Anders Norén