Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fatwa Ulama

Apa Hukum Menikahi Perempuan Yahudi, Hukum Bermuamalah dengan Orang-Orang Yahudi, serta Hukum Safar ke Israel?

Tanya:

Apa hukum menikahi perempuan Yahudi, hukum bermuamalah dengan orang-orang Yahudi, serta hukum safar ke Israel?

Jawab:

Menikahi perempuan Nasrani dan Yahudi boleh hukumnya, dengan syarat ada jaminan mereka tidak akan merusak agama muslim tersebut.

Adapun bermuamalah dengan orang-orang Yahudi di luar Palestina, hukumnya sama dengan bermuamalah dengan orang-orang Nasrani, yaitu boleh, selama tidak merugikan Islam. Sedangkan jika di Palestina, hukumnya berbeda, tergantung individu dan posisinya. Dan orang yang beriman, hatinya akan menunjukkannya pada hal yang baik. Wallahu ta’ala a’lam.

Fatwa Syaikh Nuh ‘Ali Salman (Mufti Kerajaan Jordania Periode Sebelumnya)

Diterjemahkan dari: http://aliftaa.jo/Question1.aspx?QuestionId=1594

Penerjemah: Muhammad Abduh Negara

Teks asli:

السؤال :

ما حكم الزواج من المرأة اليهودية، والتعامل مع اليهود، والسفر إلى إسرائيل؟

الجواب :

يجوز الزواج من النصرانية واليهودية، لكن بشرط أن يضمن عدم تأثيرهما على دينه، أما التعامل مع اليهود خارج فلسطين فهو كالتعامل مع النصارى، يجوز إن لم يضر بالإسلام، وأما من كان في فلسطين فحكمه يختلف باختلاف الأشخاص والمواقف، والمؤمن قلبه يدله على الخير. والله تعالى أعلم.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén