Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fatwa Ulama

Apa Hukumnya Dokter Laki-Laki yang Membantu Persalinan Seorang Perempuan?

Tanya:

Apa hukumnya dokter laki-laki yang membantu persalinan seorang perempuan?

Jawab:

Yang paling layak membantu persalinan seorang perempuan (secara berurutan) adalah perempuan muslimah, kemudian perempuan ahli kitab, kemudian perempuan musyrik. Lalu, laki-laki muslim, kemudian laki-laki ahli kitab.

Jika tak ada perempuan yang bisa melakukan pekerjaan ini, dan kondisi sudah mendesak, maka boleh dokter laki-laki yang melakukannya. Wallahu a’lam.

Fatwa Syaikh Nuh ‘Ali Salman.

Diterjemahkan dari: http://aliftaa.jo/Question1.aspx?QuestionId=1564

Penerjemah: Muhammad Abduh Negara

Teks asli:

السؤال :

ما حكم أن يولد طبيب امرأة حاملا؟

الجواب :

أولى الناس بتوليد المرأة المرأة المسلمة، ثم المرأة الكتابية، ثم المرأة المشركة، فالرجل المسلم، ثم الرجل الكتابي، فإذا لم توجد امرأة تقوم بهذا العمل واضطرت إلى ذلك جاز. والله أعلم.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén