Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Khilaf Fiqih

Apakah Riba Fadhl Hanya Berlaku Khusus Bagi Benda-Benda yang Disebutkan Dalam Nash Saja?

Oleh: Muhammad Abduh Negara

1. Mayoritas ulama menyatakan riba fadhl tidak terbatas hanya pada benda-benda yang di-nash-kan dalam hadits Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam saja. Ia berlaku juga pada benda-benda lain, jika ditemukan pada benda-benda tersebut ‘illah haramnya riba fadhl.

Ini merupakan pendapat para ulama dari berbagai penjuru negeri, yang mengakui qiyas sebagai dalil. Ini pendapat Malik, Abu Hanifah dan kedua shahabatnya (Abu Yusuf dan Muhammad), Asy-Syafi’i, Ahmad, dan ulama lainnya.

2. Dihikayatkan dari Thawus dan Qatadah, bahwa mereka membatasi riba fadhl hanya pada benda-benda yang di-nash-kan saja.

Ini juga merupakan pendapat Dawud dan setiap ulama yang menafikan (meniadakan) qiyas sebagai dalil.

Sumber: Mausu’ah Masaail Al-Jumhur Fi Al-Fiqh Al-Islami, karya Dr. Muhammad Na’im Muhammad Hani Sa’i, Jilid 1, Hlm. 470, Penerbit Darussalam Mesir.

Penulis Mausu’ah menukil dari:
(1) Al-Mughni, Juz 4, Hlm. 124.
(2) Bidayatul Mujtahid, Juz 2, Hlm. 157.
(3) Syarh Shahih Muslim, Juz 11, Hlm. 9.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén