Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Beda Anak Adam dan Syaithan

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika anak Adam membaca ayat Sajdah kemudian bersujud, maka syaithan akan menyingkir sambil menangis dan berkata, ‘Celakalah aku, anak Adam diperintahkan untuk bersujud, maka ia bersujud, dan baginya surga. Dan aku diperintahkan untuk bersujud, namun aku mengabaikannya, dan bagiku neraka’.”

Hadits di atas diriwayatkan oleh Imam Muslim di kitab Shahih beliau no. 81.

Beginilah sifat syaithan, diperintahkan oleh Allah ta’ala untuk bersujud kepada Adam, ia malah menolak dan mengabaikannya. Bahkan dalam al-Qur’an dinyatakan bahwa ia berani berargumen, ia lebih baik dari Adam, karena ia diciptakan dari api, sedangkan Adam diciptakan dari tanah. Argumen yang seakan tepat, namun sebenarnya keliru, karena setiap bangunan analogi yang bertentangan dengan nash, maka analogi tersebut dianggap rusak dan tertolak (ini misalnya dikemukakan oleh Ibn Katsir dalam Shahih Qashash al-Anbiya hlm. 16).

Syaithan berani menolak perintah Allah ta’ala, hanya karena itu bertentangan dengan ego dan hawa nafsunya. Bahkan ia mengemukakan argumentasi yang kelihatannya cerdas untuk mendukung ego dan hawa nafsunya tersebut. Perintah Allah dikalahkan oleh sikap takabburnya. Inilah syaithan. Dan anak Adam kebalikan dari syaithan, sebagaimana hadits riwayat Muslim di atas.

Dan jika ada anak Adam yang memiliki sifat seperti syaithan, sebutan apa kira-kira yang layak bagi keturunan Adam tersebut?

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Comments are Closed

Theme by Anders Norén