Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fiqih

Bid’ah Menurut Prof. Dr. Mushthafa Dib al-Bugha

Setelah menyebutkan riwayat tentang ‘Umar ibn al-Khaththab yang men’sunnah’kan shalat tarawih berjamaah di masjid serta dipimpin oleh seorang imam, dan di akhir riwayat tersebut ‘Umar radhiyallahu ‘anhu berkata, ‘نعمة البدعة هذه’, kemudian Syaikh Prof. Dr. Mushthafa Dib al-Bugha berkata:

“Bid’ah adalah sesuatu yang baru, yang tidak ada contoh sebelumnya. Ia bisa menjadi baik dan disyariatkan, jika ia sesuai dengan syariat dan ada kebaikannya menurut syariat. Ia juga bisa menjadi tercela dan tertolak, jika ia bertentangan dengan syariat dan mengandung keburukan menurut syariat. Dan jika ia tidak bertentangan dengan syariat, namun tidak ada asalnya dalam syariat, maka ia mubah hukumnya.”

Tampaknya beliau termasuk kalangan ulama yang menganggap tidak semua bid’ah itu dhalalah, sebagaimana hal itu juga dipahami oleh para pendahulu beliau seperti asy-Syafi’i, al-‘Izz ibn ‘Abdis Salam, an-Nawawi, al-Qarafi dari kalangan Malikiyah, Ibn ‘Abidin dari Hanafiyah, Ibn al-Jauzi dari Hanabilah, dan Ibn Hazm dari Zhahiriyah.

Sumber:
1. at-Tadzhib fi Adillah Matn al-Ghayah wa at-Taqrib, karya Prof. Dr. Mushthafa Dib al-Bugha hal. 50.
2. al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, Juz 8, hal. 21.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui social media seperti facebook, twitter dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Abu Furqan Al-Banjary

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Pimpinan Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Comments are Closed

Theme by Anders Norén