Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fiqih Syafi'i

Hukum Orang yang Meninggalkan Shalat

Oleh: Muhammad Abduh Negara

Orang yang meninggalkan shalat fardhu, ada dua keadaan:

1. Orang yang meninggalkan shalat karena berkeyakinan bahwa shalat tersebut tidak wajib. Orang yang seperti ini dihukumi murtad.

Orang yang murtad, harus diminta bertaubat. Jika tidak mau bertaubat, maka ia dihukum mati.

2. Orang yang meninggalkan shalat karena malas, hingga keluar dari waktunya, namun ia tetap berkeyakinan bahwa shalat tersebut wajib hukumnya.

Ia diminta bertaubat. Jika ia bertaubat dan kembali mengerjakan shalat, maka selesai. Namun jika ia tak mau bertaubat, hukumannya adalah dibunuh, sebagai had atasnya.

Ia dihukum bunuh, bukan karena ia dianggap kafir atau murtad, tapi dia dihukum bunuh sebagai had atasnya, sebagaimana pelaku kejahatan lain yang mendapat hukuman bunuh.

Ia masih dianggap muslim, dan setelah dibunuh, jenazahnya diperlakukan sebagaimana jenazah kaum muslimin.

Referensi: Fathul Qarib Al-Mujib, karya Syaikh Muhammad bin Qasim Al-Ghazzi, Terbitan Dar Ibn Hazm, Hlm. 292-293.

Keterangan: Cuplikan layar (screenshot) dari kitab rujukan, bisa lihat di: https://www.facebook.com/santri.fiqihsyafii/photos/a.1029854457187830/1043017955871480/?type=3

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén