Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Ushul Fiqih

Kehujjahan Empat Dalil Syar’i

Ada empat dalil syar’i yang disepakati oleh jumhur ‘ulama, yaitu Al-Qur’an, As-Sunnah, Ijma’ dan Qiyas.

Muncul pertanyaan, adakah ayat al-Qur’an yang menyebut kehujjahan empat dalil ini sekaligus dalam satu ayat? Jawabannya, ada.

Paling tidak ini yang disebutkan oleh ‘Abdul Wahhab Khallaf dalam kitab beliau ‘Ilm Ushul al-Fiqh. Ayat yang dimaksud adalah Surah an-Nisa ayat 59.

Redaksi ayat tersebut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً

Perintah untuk menaati Allah dan menaati Rasul adalah perintah untuk berittiba’ kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Perintah untuk taat pada ulil amri adalah perintah untuk mengikuti kesepakatan para mujtahidin dalam sebuah hukum, karena mereka adalah ulil amri terkait hukum syariah.

Dan perintah untuk kembali pada Al-Qur’an dan As-Sunnah pada perkara-perkara yang diperselisihkan merupakan perintah untuk mengikuti qiyas pada perkara-perkara yang tidak ada nash dan ijma’ di dalamnya.

Jadi, menurut ‘Abdul Wahhab Khallaf ayat ini menunjukkan kewajiban mengikuti empat dalil syar’i tersebut.

Wallahu a’lam bish shawwab.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén