Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fawaid Fiqhiyyah

Makna Shilaturrahim

Oleh: Abu Furqan Al-Banjari

Shilaturrahim terdiri dari dua kata, shilah (صلة) dan ar-rahim (الرحم). Shilah artinya menyambung, menggabung atau mengumpulkan, sedangkan ar-rahim secara umum artinya adalah kerabat.

Tidak ada khilaf di antara ulama bahwa shilaturrahim hukumnya wajib secara global, dan memutusnya merupakan kemaksiatan besar.

Namun para ulama berbeda pendapat tentang siapa ar-rahim yang wajib disambung hubungannya. Ada yang menyatakan ar-rahim adalah mahram. Bagi yang berpendapat seperti ini, maka sepupu tidak termasuk.

Ada juga yang berpendapat bahwa ar-rahim adalah setiap dzawil arham dalam hukum waris, baik ia mahram ataupun bukan.

Hukum shilaturrahim inipun bertingkat menurut para fuqaha, sesuai tingkat kekerabatan seseorang.

Beberapa hal yang bisa merealisasikan shilaturrahim ini misalnya adalah mengunjungi mereka, menolong mereka, memenuhi kebutuhan mereka, dan memberi salam kepada mereka.

Sumber:
al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, pembahasan “irts”, “arham”, dan “shilah”.

Catatan tambahan:

Jadi, shilaturrahmi dalam makna syar’i adalah menyambung hubungan dengan kerabat, dan para fuqaha berbeda pendapat tentang siapa kerabat yang wajib disambung hubungan dengannya.

Tidak termasuk shilaturrahmi berkunjung ke teman, guru, ulama, atau tokoh masyarakat yang ia tak memiliki hubungan kerabat dengan kita.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén