Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fawaid Fiqhiyyah

Menuntut Ilmu Untuk Meraih Syahadah

Fadhilatusy Syaikh – semoga Allah memeliharanya – ditanya: “Sebagian orang berkata: Mengikhlaskan niat di zaman kita sekarang itu sulit, atau malah mustahil, karena orang-orang yang menuntut ilmu – terutama yang menempuh pendidikan formal -, menuntut ilmu hanya untuk meraih syahadah (ijazah)?”

Beliau menjawab:

“Kami mengatakan: Jika anda menuntut ilmu untuk meraih syahadah, jika yang diinginkan dari syahadah ini adalah meningkatnya kedudukan dunia anda, maka ini adalah niat yang rusak.

Adapun jika yang diinginkan dari syahadah ini adalah untuk meningkatkan manfaat yang bisa anda berikan kepada orang banyak, maka ini adalah niat yang baik dan tidak menafikan keikhlasan. Hal ini karena, saat ini seseorang sulit untuk memberikan kemanfaatan yang banyak kepada umat, kecuali jika ia memiliki syahadah.”

*Diterjemahkan secara bebas dari “Kitab Al-‘Ilm”, karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin, cetakan Ad-Dar Al-‘Alamiyyah, hlm. 145-146.

Catatan:

Maksud beliau, jika niat seseorang dengan syahadah (ijazah) yang dimilikinya, adalah agar orang banyak bisa menerima keberadaannya, dan dengan itu, ia bisa memberikan manfaat yang banyak kepada orang-orang, maka ini niat yang baik, dan tidak menafikan keikhlasan.

Sedangkan, jika dengan syahadah (ijazah) yang dimilikinya, ia menginginkan kedudukan dunia, semisal kemasyhuran, uang yang banyak, dan semisalnya, maka ini adalah niat yang rusak.

Wallahu a’lam.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui social media seperti facebook, twitter dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Abu Furqan Al-Banjary

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Pimpinan Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Leave a Reply

Theme by Anders Norén