Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fawaid Fiqhiyyah

Menyentuh Wanita Membatalkan Wudhu

Oleh: Abu Furqan Al-Banjari

Kata al-lams (menyentuh) maknanya beragam dalam bahasa Arab, terkadang orang Arab menggunakannya dengan maksud ‘menyentuh dengan tangan’, terkadang maksudnya adalah ‘hubungan suami istri’.

Dari beragamnya makna al-lams inilah, fuqaha berbeda memahami ayat ‘aw laamastumun nisaa’ (surah an-Nisa ayat 43). Yang memahami bahwa makna ‘laamastum’ di ayat ini adalah jimak, bukan sekedar menyentuh dengan tangan, berarti ia menafikan batalnya wudhu bagi yang menyentuh wanita dengan tangannya.

Sedang yang memahami ‘laamastum’ di sini adalah menyentuh dengan tangan, maka bagi mereka batal wudhu jika menyentuh wanita dengan tangan. Di kelompok ini, mereka terbagi lagi menjadi dua, ada yang memahaminya dari bab ‘al-‘aamm urida bihi l-khaashsh’, dan ada juga yang memahaminya dari bab ‘al-‘aamm urida bihi l-‘aamm’.

Yang memahaminya sebagai ‘al-‘aamm urida bihi l-khaashsh’, mensyaratkan ‘menikmati kelezatan sentuhan’ baru membatalkan wudhu, jika tidak, maka tidak batal. Sedangkan yang memahaminya sebagai ‘al-‘aamm urida bihi l-‘aamm’, maka batal wudhu saat menyentuh wanita dengan tangan, baik merasakan kelezatan atau tidak.

Kembali lagi, pembahasan ini menunjukkan keterkaitan erat bahasa Arab dan fiqih.

Rujukan: Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid (1/44)

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén