Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fawaid Fiqhiyyah

Niat Mempelajari Ilmu Kedokteran, Teknik, dan Semisalnya

Oleh: Muhammad Abduh Negara

Fadhilatusy Syaikh – semoga Allah memeliharanya – ditanya: “Apakah ilmu-ilmu seperti kedokteran dan teknik termasuk aktivitas tafaqquh fid diin?”

Beliau menjawab:

“Ilmu-ilmu ini tidak termasuk aktivitas tafaqquh dalam agama Allah, karena orang-orang tidak mempelajari Al-Kitab dan As-Sunnah di dalamnya. Namun, ilmu-ilmu ini merupakan perkara yang diperlukan oleh kaum muslimin. Karena itu sebagian ahli ilmu berkata: Mempelajari industri, kedokteran, teknik, geologi, dan semisalnya hukumnya fardhu kifayah, bukan karena ia termasuk ilmu syar’i, tapi karena ia ilmu yang mesti ada untuk teraihnya kemaslahatan umat secara sempurna.

Karena itu, saya mengingatkan ikhwan yang mempelajari ilmu-ilmu semisal ini, niatnya mempelajari ilmu ini haruslah untuk memberikan manfaat bagi saudara-saudaranya kaum muslimin, dan untuk mengangkat derajat umat Islam.”

*Diterjemahkan secara bebas dari “Kitab Al-‘Ilm”, karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin, cetakan Ad-Dar Al-‘Alamiyyah, Mesir, hlm. 144.

Catatan:

Pernyataan beliau, “Mempelajari ilmu ini haruslah untuk memberikan manfaat bagi saudara-saudaranya kaum muslimin, dan untuk mengangkat derajat umat Islam.”, harus menjadi perhatian khusus.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén