Sedikit Tentang ‘Urf

‘Urf adalah sesuatu yang dikenal, berlaku dan diakui di tengah-tengah masyarakat secara umum. Dalam pembahasan fiqih, keberadaan ‘urf diakui, dan karena hal inilah lahir kaidah fiqih al-‘aadatu muhakkamah.

Ini juga yang menjadi salah satu sebab berubahnya madzhab Imam Asy-Syafi’i rahimahullah, dari madzhab qadim di Iraq ke madzhab jadid di Mesir, sebagaimana disebutkan oleh ‘Abdul Wahhab Khallaf dalam ‘Ilm Ushul al-Fiqh. Perbedaan ‘urf di Baghdad dan di Mesir menyebabkan sebagian pendapat sang Imam berubah.

Contoh berlakunya ‘urf dalam fiqih misalnya -sebagaimana disebutkan oleh Wahbah Az-Zuhaili dalam Ushul al-Fiqh al-Islami-, diakuinya jual beli mu’athah, yaitu jual beli tanpa menyebutkan lafazh ijab qabul. Demikian juga dimutlakkannya kata ‘walad’ untuk anak laki-laki, dan tidak untuk anak perempuan.

‘Urf diakui dalam fiqih, selama ia tidak menghalalkan yang jelas-jelas haram, atau mengharamkan yang jelas-jelas halal.

Jika ‘urf bertentangan dengan dalil syar’i yang penunjukannya jelas, ia tidak diakui, dan ‘urf seperti ini disebut ‘urf fasid. Misalnya, berlakunya akad-akad ribawi (yang jelas-jelas riba) di tengah-tengah masyarakat saat ini, ia merupakan ‘urf fasid dan tetap tertolak. Hukum akad riba tetap haram, walaupun itu sudah menjadi ‘urf di tengah masyarakat.

Wallahu a’lam.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui social media seperti facebook, twitter dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Abu Furqan Al-Banjary

Abu Furqan Al-Banjary

Pemimpin Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin; Pengelola Situs abufurqan.net, Tsaqafah.Com, dan Fiqih-Islam.Com
Abu Furqan Al-Banjary

Latest posts by Abu Furqan Al-Banjary (see all)

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *