Sekolah Fiqih via Whatsapp

“SEKOLAH FIQIH VIA WHATSAPP”

Program “Sekolah Fiqih via Whatsapp” memberikan materi-materi fiqih secara runut, dari awal hingga akhir, dari bab “Thaharah” hingga “Pembebasan Budak”. Menyajikan materi seputar shalat, puasa, zakat, haji, jual-beli, pernikahan, sistem sanksi, dan bahasan-bahasan fiqih lainnya.

Program ini menggunakan aplikasi whatsapp sebagai media belajar, pemberian materi serta diskusi dan tanya-jawab. Jadi, siapapun bisa ikut program ini, selama punya akun whatsapp.

A. MEKANISME BELAJAR

Kami akan posting dua tulisan tiap pekan, tiap senin dan kamis, dengan rincian:

1. Tiap senin kami akan posting materi utama, yaitu kajian fiqih secara runut dan sistematis, dari thaharah (bersuci) dan seterusnya hingga bahasan terakhir, yaitu pembebasan budak.

Kajian fiqih ini menggunakan madzhab Asy-Syafi’i. Mengapa madzhab Asy-Syafi’i? Karena ia memiliki beberapa keistimewaan, dan karena ia merupakan madzhab mayoritas umat Islam di Nusantara. Perlu diketahui, belajar fiqih mengikuti madzhab tertentu sama sekali tidak tercela, bahkan ia merupakan tradisi para ulama sejak dulu. Belajar fiqih madzhab tertentu pun tetap mengkaji dalil, bukan sekadar pendapat para ulama madzhab.

Dan sebagai tambahan wawasan, insyaaLlah kami juga akan sampaikan pendapat para ulama madzhab yang lain, baik di materi (jika diperlukan) dan terutama pada saat diskusi dan tanya-jawab.

Rujukan utama kita pada materi ini adalah kitab “At-Tadzhib fi Adillah Matn Al-Ghayah wa At-Taqrib” karya Prof. Dr. Mushthafa Dib Al-Bugha. Ini merupakan kitab kontemporer yang ditulis oleh ulama Syafi’iyyah kontemporer. Kitab ini merupakan syarah (penjelasan) dari kitab Matn Abi Syuja’ yang sangat populer dalam madzhab Asy-Syafi’i. Syarah yang diberikan cukup ringkas dan lebih fokus pada penyebutan dalil, baik dari Al-Qur’an, As-Sunnah, ijma’ maupun qiyas dari setiap pendapat yang ada. Kitab ini sangat cocok untuk pelajar pemula yang baru belajar fiqih.

Selain rujukan utama di atas, kami juga melengkapinya dengan beberapa rujukan tambahan dalam madzhab Asy-Syafi’i, di antaranya:

(a) Kifayatul Akhyar fi Halli Ghayatil Ikhtishar, karya Taqiyuddin Al-Hishni (w. 829 H)
(b) Al-Fiqh Asy-Syafi’i Al-Muyassar, karya Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili
(c) Al-Mu’tamad fi Al-Fiqh Asy-Syafi’i, karya Prof. Dr. Muhammad Az-Zuhaili
(d) Al-Fiqh Al-Manhaji ‘ala Madzhab Al-Imam Asy-Syafi’, karya Prof. Dr. Mushthafa Sa’id Al-Khin, Prof. Dr. Mushthafa Dib Al-Bugha, dan ‘Ali Asy-Syarbaji
(e) dan lain-lain

Untuk rujukan fiqih perbandingan madzhab, sebagai pembanding dari pendapat-pendapat madzhab Asy-Syafi’i, kami merujuk pada beberapa kitab, di antaranya:

(a) Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid, karya Ibn Rusyd Al-Hafid (w. 595 H)
(b) Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu, karya Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili
(c) Mausu’ah Al-Fiqh Al-Islami wa Al-Qadhaya Al-Mu’ashirah, karya Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili
(d) Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, karya kumpulan para ulama
(e) dan lain-lain

2. Adapun tiap kamis, kami akan posting materi tambahan, berupa faidah-faidah ilmu fiqih dan ilmu-ilmu yang terkait dengannya, misalnya ushul fiqih, qawa’id fiqhiyyah, tarikh tasyri’, dan lain-lain. Materi tambahan ini diberikan dengan tujuan memperkaya wawasan peserta tentang fiqih, bahwa kajian fiqih itu sangat luas, tidak sesempit khayalan sebagian orang yang begitu mudah menyalahkan bahkan menyesatkan pendapat yang berbeda dengan yang mereka ikuti.

Setiap materi yang diposting, baik materi utama maupun materi tambahan terbuka untuk didiskusikan dan diadakan tanya-jawab. InsyaaLlah kami akan melayani diskusi dan tanya-jawab yang diajukan semampu kami.

B. LAMA PROGRAM

Program insyaaLlah berjalan selama 3 tahun hijriyyah, dari Muharram 1437 hingga Dzulhijjah 1439 H.

C. MASA PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka mulai sekarang hingga berakhirnya program. Artinya, pendaftaran terus dibuka.

D. MEKANISME PENDAFTARAN

Pendaftaran via WA (hanya via WA), dengan format: SEKOLAH FIQIH VIA WA (spasi) NAMA LENGKAP (spasi) PROFESI/AKTIVITAS SAAT INI (spasi) KOTA (spasi) PROVINSI, kirim ke nomor 0813.5125.0055

Misal: SEKOLAH FIQIH VIA WA AHMAD ANSHARULLAH GURU SMP BARABAI KALIMANTAN SELATAN

Setelah kami jawab: PENDAFTARAN DITERIMA, harap segera transfer biaya pendaftaran.

E. BIAYA PENDAFTARAN

Rp 100.000,- (sekali saja selama program)

Biaya pendaftaran ditransfer ke salah satu rekening berikut ini:

BNI Syariah 0313118985 an. Muhammad Abduh
Bank Syariah Mandiri 7069700351, an. Muhammad Abduh

F. SPP BULANAN

Gratis (Tidak ada SPP Bulanan)

G. FASILITATOR

Muhammad Abduh Al-Banjary
(Pimpinan Ma’had Al-Mubarak Banjarmasin & Pengelola Situs Tsaqafah.Com)

H. PENYELENGGARA PROGRAM

Ma’had Al-Mubarak Banjarmasin