Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Qaul Ulama

Tiga Tipe Ulama

Abu Hayyan at-Taimi[1] (w. 145 H) rahimahullah berkata:

العلماء ثلاثة، عالم بالله وبأمر الله، وعالم بالله وليس بعالم بأمر الله، وعالم بأمر الله وليس بعالم بالله

‎’Ulama itu ada tiga: (1) ‘alim terhadap Allah dan perintah-Nya, (2) ‘alim terhadap Allah tapi tidak ‘alim terhadap perintah-Nya, (3) ‘alim terhadap perintah Allah tapi tidak ‘alim terhadap-Nya.

فأما العالم بالله وبأمر الله فذلك الخائف لله العالم بسنته وحدوده وفرائضه

‘Alim terhadap Allah dan perintah-Nya adalah orang yang takut kepada Allah serta mengetahui sunnah, hudud, dan segala kewajiban yang ditetapkan-Nya.

وأما العالم بالله وليس بعالم بأمر الله فذلك الخائف لله وليس بعالم بسنته ولا حدوده ولا فرائضه

‘Alim terhadap Allah tapi tidak ‘alim terhadap perintah-Nya adalah orang yang takut kepada Allah, namun tidak mengetahui sunnah, hudud, dan kewajiban-kewajiban yang ditetapkan-Nya.

وأما العالم بأمر الله وليس بعالم بالله فذلك العالم بسنته وحدوده وفرائضه وليس بخائف له

‘Alim terhadap perintah Allah tapi tidak ‘alim terhadap-Nya adalah orang yang mengetahui sunnah, hudud, dan kewajiban-kewajiban yang ditetapkan Allah, namun tidak takut kepada-Nya.

(Diriwayatkan oleh Ibn ‘Abdil Barr (w. 463 H) di kitab beliau Jami’ Bayan al-’Ilm wa Fadhlih [II/822])


[1] Yahya ibn Sa’id ibn Hayyan at-Taimi, salah seorang ulama generasi tabi’ut tabi’in, tsiqah, termasuk rijal al-Bukhari dan Muslim.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Comments are Closed

Theme by Anders Norén