Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fawaid Fiqhiyyah

Zakat Profesi Ala Al-Qaradhawi

Oleh: Muhammad Abduh Negara

Zakat profesi yang dipopulerkan oleh Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi itu sebenarnya zakat atas harta biasa, sebagaimana zakat mal lainnya, khususnya zakat nuqud (zakat uang). Jadi tetap ada nishabnya (ambang batas kadar wajibnya). Hanya saja, ia tidak mempersyaratkan haul (disimpannya harta selama setahun), karena Hadits-Hadits yang mensyaratkan haul utk seluruh zakat harta dianggap dhaif dan tidak bisa dijadikan hujjah.

Zakat profesi atau diistilahkan zakat atas mal mustafad, menurut Al-Qaradhawi nishabnya sama dengan zakat nuqud, yaitu senilai 85 gram emas. Jika seseorang dari profesinya atau pekerjaannya menghasilkan uang senilai 85 gram emas, setelah dikurangi tagihan dan pengeluaran normal, maka wajib ia mengeluarkan zakat atas harta dari profesinya tersebut sebesar 2,5%.

Dan penghasilan yang diperhitungkan adalah penghasilan setahun, meski pembayaran zakatnya bisa dibayarkan saat gaji diterima (misal per bulan). Misal 85 gram emas senilai Rp 50.000.000,-, maka bagi yang total bersih gajinya 50 juta dalam setahun (setelah dikurangi tagihan dan pengeluaran normal), wajib zakat atas gajinya tersebut sebesar 2,5 %, dan bisa dibayarkan per bulan saat menerima gaji.

Ini jika merujuk pada Al-Qaradhawi di kitab Fiqh Az-Zakat karyanya. Jika merujuk pendapat lain dari para pendukung zakat profesi, mungkin hitung-hitungannya beda lagi.

Wallahu a’lam.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén