Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fatwa Ulama

Apa Hukum Bekerja di Perusahaan Rokok?

Pertanyaan:

Apa hukum bekerja di perusahaan rokok?

Jawaban:

Haram bekerja memproduksi rokok, karena rokok itu haram. Setiap yang Allah haramkan mengonsumsinya, haram juga memproduksi, menjual, dan mendistribusikannya. Karena itu semua termasuk tolong-menolong dalam hal yang munkar. Siapa saja yang menolong orang melakukan keharaman, ia seperti orang yang melakukan keharaman tersebut.

Fatwa Dar Ifta Jordania

Diterjemahkan dari: https://www.aliftaa.jo/Question1.aspx?QuestionId=1300

Penerjemah: Muhammad Abduh Negara

Teks asli:

السؤال :
ما حكم العمل في شركة دخان؟

الجواب :
يحرم العمل في إنتاج الدخان، لأن الدخان حرام وكل ما حرم الله تعاطيه يحرم إنتاجه وبيعه وتداوله؛ لما فيه من الإعانة على المنكر، ومن أعان على الحرام فهو كفاعله.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén