Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fatwa Ulama

Apa Hukum Merokok?

Pertanyaan:

Apa hukum merokok?

Jawaban:

Rokok hukumnya haram, karena ia berbahaya bagi kesehatan. Bahaya rokok ini telah jelas berdasarkan kesaksian para dokter yang bisa dipercaya. Dan Syariah mengharamkan mengonsumsi semua hal yang berbahaya. Nabi ‘alaihish shalatu was salam bersabda:

لا ضَرَرَ ولا ضِرار

Artinya:” Tidak boleh melakukan sesuatu yang berbahaya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Fatwa Dar Ifta Jordania

Diterjemahkan dari: https://www.aliftaa.jo/Question1.aspx?QuestionId=1299

Penerjemah: Muhammad Abduh Negara

Teks asli:

السؤال :
ما حكم التدخين؟

الجواب :
الدخان حرام، لأنه مضر بالصحة وقد ثبت ضرره بشهادة الأطباء الثقات، وقد حرم الشرع تعاطي كل ما يضر، قال عليه الصلاة والسلام: (لا ضَرَرَ ولا ضِرار) رواه ابن ماجه وأحمد.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén