Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fawaid Fiqhiyyah

Apa Itu Khilafah?

Oleh: Abu Furqan Al-Banjari

Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, seorang ulama yang sangat faqih di masa ini, menyatakan bahwa sebagian besar ulama kaum muslimin, yaitu dari kalangan Ahlus Sunnah, Murjiah, Syi’ah, Mu’tazilah (kecuali sekelompok kecil dari mereka), dan Khawarij (kecuali sekte Najdat) menyatakan bahwa Imamah merupakan perkara yang wajib, dan fardhu yang telah ditentukan.

Dan menurut beliau, imamah (imamatul ‘uzhma), khilafah dan imaratul mu’minin memiliki makna yang sama.

Beliau juga mengutip definisi Khilafah menurut ad-Dahlawi, yaitu, “Kepemimpinan umum untuk menegakkan agama dengan menghidupkan ilmu-ilmu agama, menegakkan rukun-rukun Islam, menegakkan jihad dan hal-hal yang berhubungan dengannya seperti pengaturan tentara dan kewajiban-kewajiban untuk orang yang berperang serta pemberian harta fa’i kepada mereka, menegakkan peradilan dan hudud, menghilangkan kezhaliman, serta melakukan amar ma’ruf nahi munkar, sebagai pengganti dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Sumber: al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, karya Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, Juz 6, Hal. 661-663.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Comments are Closed

Theme by Anders Norén