Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Belajar dari Islam

Islam adalah diin yang syamil dan kamil, sempurna dan komprehensif. Ia punya ajaran tentang kehidupan, dari hal-hal yang terkecil sampai yang terbesar, dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Kesempurnaan Islam itupun bukan sekadar teori, ia hidup dalam keseharian tokoh-tokohnya. Ia pun telah dirincikan dalam karya-karya para ulama.

Jadi, untuk tuntunan hidup muslim, dalam hal apapun, sebelum kita belajar dari motivator-motivator tenar yang kebanyakan konsepnya diambil dari luar Islam, sebelum membaca buku-buku pengembangan diri dari Barat, mari kita tengok dulu Islam, diin kita.

Kita perlu banyak membaca karya-karya ulama, tentang tazkiyatun nafs, tentang akhlak, tentang adab, dan lainnya.

Kita juga perlu sering-sering membaca biografi tokoh-tokoh Islam, belajar pengamalan nilai-nilai Islam dari kehidupan mereka. Yang pertama jelas Sirah Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian kehidupan tokoh-tokoh shahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in. Setelah itu kita juga perlu belajar dari kehidupan para ulama, para panglima dan orang-orang shalih dari zaman ke zaman.

Dari karya para ulama, kita akan mengenal konsep Islam luar dalam, sehingga kita mudah memilah konsep-konsep yang berkembang sekarang, sesuai dengan Islam atau bertentangan.

Dari kehidupan tokoh-tokoh Islam, kita belajar bagaimana kita harusnya hidup di dunia ini. Apa yang penting dalam kehidupan yang harus kita kejar, dan apa yang remeh yang tak perlu menghabiskan waktu kita.

Kita juga bisa belajar dari mereka tentang semangat, motivasi dan pengembangan diri. Konsep dan praktek yang jauh lebih baik dan lebih lurus dari yg dijajakan motivator dan buku-buku pengembangan diri dari Barat.

Kita bukan anti 100% apa saja yang dari Barat. Namun kita harus memilah, mana yang bisa diambil dan mana yang wajib ditolak. Bagaimana bisa memilahnya? Satu-satunya cara adalah memahami konsep Islam secara mendalam dan mengikuti prakteknya dari tokoh-tokoh Islam yang lurus dan mendapatkan petunjuk.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén