Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fawaid Fiqhiyyah

Benarkah Ada Ijma’ Shahabat, Masa Kekuasaan Pemimpin Tak Boleh Dibatasi?

Oleh: Muhammad Abduh Negara

Sebagian orang yang berpendapat bahwa pembatasan masa kekuasaan pemimpin negara haram hukumnya, berdalil dengan ijma’ Shahabat, bahwa imamah itu tidak dibatasi waktu, dan para Shahabat membai’at para khalifah dengan ba’iat secara mutlak tanpa batasan waktu, dan para khalifah ini tetap menjadi khalifah sepanjang hidupnya.

Menurut mereka, yang membatasi masa kekuasaan pemimpin negara, berarti telah menyelisihi ijma’ Shahabat.

Benarkah hal ini? Jawabannya tidak benar. Dan pernyataan mereka ini bisa dikritik dari beberapa sisi:

1. Perbuatan Shahabat tidak menunjukkan hukum wajib, dan tidak meniscayakan umat Islam wajib mengikutinya, karena perbuatan mereka itu dilakukan sesuai situasi dan kondisi mereka saat itu.

2. Ijma’ Shahabat terjadi pada masyru’-nya (disyari’atkannya/dibolehkannya), seorang pemimpin negara tetap menjabat sebagai pemimpin negara, sepanjang hayatnya. Bukan ijma’ atas dilarangnya membatasi masa kekuasaan mereka.

3. Al-Khulafa Ar-Rasyidun, adalah orang-orang yang sangat ikhlas dan memiliki kemampuan ijtihad yang sangat baik, juga pada diri mereka terpenuhi berbagai sifat yang utama, sehingga mempertahankan kepemimpinan mereka sepanjang hidup mereka, itu lebih maslahat bagi umat Islam.

Sedangkan ketika zaman telah berubah dan kerusakan telah mewabah pada para penguasa, maka tidak masalah membatasi masa kekuasaan mereka, jika itu lebih bisa mewujudkan kemaslahatan bagi umat Islam.

Sumber: Al-Intikhabat wa Ahkamuha Fi Al-Fiqh Al-Islami, karya Fahd bin Shalih Al-‘Ajlan. (Kitab ini awalnya adalah tesis magister penulis di Universitas Malik Su’ud, di Riyadh, Saudi Arabia)

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén