Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Khilaf Fiqih

Bolehkah Perempuan yang Sedang Haid Membaca Al-Qur’an dan Menyentuhnya?

Oleh: Muhammad Abduh Negara

1. Jumhur ulama menyatakan bahwa perempuan yang sedang haid haram membaca Al-Qur’an dan menyentuhnya. Ini adalah pendapat ‘Umar bin Al-Khaththab, ‘Ali bin Abi Thalib, dan Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ta’ala ‘anhum.

Ini juga pendapat Al-Hasan Al-Bashri, Qatadah, ‘Atha, Abul ‘Aliyah, An-Nakha’i, Sa’id bin Jubair, Az-Zuhri, Ishaq, Abu Tsaur, Asy-Syafi’i dalam pendapat yang masyhur di madzhabnya, serta salah satu riwayat dari Malik, Abu Hanifah, dan Ahmad, semoga Allah ta’ala merahmati mereka semua.

2. Sedangkan Dawud berpendapat boleh (perempuan haid membaca Al-Qur’an dan menyentuhnya). Ini merupakan pendapat Malik, Abu Hanifah, dan Ahmad pada riwayat kedua dari mereka.

Sumber: Mausu’ah Masaail Al-Jumhur Fi Al-Fiqh Al-Islami, karya Dr. Muhammad Na’im Muhammad Hani Sa’i, Jilid 1, Hlm. 108, Penerbit Darussalam Mesir.

Penulis Mausu’ah merujuk pada: Al-Majmu’ Syarh Al-Muhadzdzab, karya An-Nawawi, Juz 2, Hlm. 340.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén