Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Cara Berpikir yang Keliru Tentang Surga dan Amal Shalih

Oleh: Muhammad Abduh Negara

Ada ‘cara berpikir yang kacau’ pada orang yang berkata semisal ini:

“Ulama itu belum tentu masuk surga, hak mutlak memasukkan ke surga atau neraka adalah hak Allah.”

Sembari ia masih minum-minuman keras, masih tidak menutup aurat dengan sempurna, masih tidak shalat dan tidak puasa, masih menyebarkan ‘paham-paham sok moderat’, dan masih bergelimang kemaksiatan-kemaksiatan lainnya.

Perlu diperjelas bahwa:

1. Ahlus Sunnah -setahu saya- sepakat, bahwa orang-orang yang tidak di-nash-kan pasti masuk surga (seperti 10 orang shahabat yang dijamin surga), maka memang tidak boleh kita pastikan masuk surga atau neraka. Pengetahuan yang hakiki tentang sia A dan si B, memang ada pada Allah ta’ala.

Namun, pada orang-orang yang zhahirnya shalih, kita harus husnuzhzhan bahwa ia akan dimasukkan Allah ke surga, sembari kita doakan ia mendapat ampunan dan rahmat dari Allah ta’ala.

2. Hak mutlak memasukkan ke surga atau ke neraka, memang ada pada Allah ta’ala, Maaliki yawmid diin. Namun, bukan berarti anda bebas untuk bermaksiat dan menyebarkan paham-paham menyimpang.

Allah sendiri yang menjelaskan dalam Al-Qur’an, jalannya ahli surga itu adalah jalan ketaatan dan kelurusan paham, sebaliknya jalannya ahli neraka adalah jalan kemaksiatan dan penyimpangan pemahaman.

Artinya, jika anda melazimi kemaksiatan dan pemahaman menyimpang, maka anda sedang meniti jalan menuju neraka. Meskipun benar, kepastian posisi kita nanti, itu hak Allah ta’ala.

Semoga Allah ta’ala mengampuni dan merahmati kita, dan memasukkan kita ke jannah-Nya, yang penuh dengan kenikmatan.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén