Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Da’i Tanpa Ilmu

Sebagian orang lupa, bahwa dulu para ulama memberi syarat yang ketat bagi seorang da’i apalagi mufti.

Para ulama dulu juga memberikan kecaman keras terhadap orang-orang yang berbicara tanpa ilmu. Kecaman juga bagi yang tak berilmu namun merasa berilmu.

Sekaligus, para ulama dulu menekankan pentingnya menuntut ilmu dan menjelaskan metode yang benar untuk meraihnya.

Para ulama pun sepakat bahwa ilmu itu sebelum perkataan dan perbuatan.

Namun sebagian orang sekarang meremehkan hal ini. Sebagian orang berstatus da’i dengan hampir tanpa ilmu sama sekali. Sebagian orang bahkan terlalu berani ‘berfatwa’, padahal tidak cukup syarat kemampuan untuk berfatwa.

Sayangnya lagi, sebagian orang yang sudah memiliki sedikit ilmu malah menoleransi hal ini. Baginya lebih penting mengkritik orang yang mengingatkan hal ini, dibanding mengkritik da’i-da’i tanpa ilmu itu.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui social media seperti facebook, twitter dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Abu Furqan Al-Banjary

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Pimpinan Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Leave a Reply

Theme by Anders Norén