Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Ushul Fiqih

Dalil Sam’i

Dalil sam’i terbagi menjadi 4 macam, ditinjau dari tsubut dan dalalahnya, yaitu:

1. Qath’i tsubut dan qath’i dalalah, seperti sebagian nash mutawatir yang tidak mukhtalaf takwilnya.
2. Qath’i tsubut dan zhanni dalalah, seperti sebagian nash mutawatir yang mukhtalaf takwilnya.
3. Zhanni tsubut dan qath’i dalalah, seperti khabar ahad yang mafhumnya qath’i.
4. Zhanni tsubut dan zhanni dalalah, seperti khabar ahad yang mafhumnya zhanni.

Ulama ushul dari kalangan Hanafiyah menetapkan tingkatan hukum berdasarkan tingkatan dalil di atas. Menurut mereka, dalil bagian pertama (qath’i tsubut dan dalalah) menunjukkan ‘fardhu’-nya perkara yang ditetapkan, dalil bagian kedua dan ketiga menunjukkan ‘wajib’-nya perkara yang ditetapkan, dan dalil bagian keempat menunjukkan ‘sunnah’-nya perkara yang ditetapkan.

Menurut kalangan Hanafiyah, fardhu dan wajib itu berbeda. Mengingkari perkara yang fardhu dihukumi kafir, sedangkan mengingkari perkara yang wajib tidak dihukumi kafir.

Hal ini karena dalil yang menetapkan hal yang ‘wajib’ (qath’i tsubut zhanni dalalah atau zhanni tsubut qath’i dalalah) tidak mewajibkan i’tiqad, dan ia hanya mewajibkan amal. Sehingga yang mengingkarinya tidak dihukumi kafir, namun hanya dihukumi fasiq.

Sumber:
Al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah al-Kuwaitiyyah, pembahasan tentang Dalil (21/24) & pembahasan tentang Fardhu (32/96).

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Comments are Closed

Theme by Anders Norén