Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Fanatisme Kelompok

Oleh: Abu Furqan Al-Banjari

Dalam salah satu riwayat -wallahu a’lam-, Imam asy-Syafi’i rahimahullah wafat setelah sebelumnya terluka akibat ulah sekelompok orang yang ta’ashshub buta terhadap madzhab Maliki, yang berbeda dengan madzhabnya Asy-Syafi’i.

Sebagian yang menisbahkan diri pada madzhab Hanafi, dulu sampai membuat hadits palsu tentang kehebatan Nu’man, dan keburukan Muhammad ibn Idris. Ta’ashshub madzhab juga penyebabnya.

Dalam lintasan sejarah juga kita baca perselisihan hingga percekcokan sebagian pengikut Hanabilah dengan sebagian Asya’irah, juga karena fanatisme madzhab yang berlebihan. Yang ini bahkan masih terjadi sampai sekarang.

Dulu di Masjidil Haram, dilaksanakan 4 kali shalat jamaah dalam satu waktu, sesuai madzhab masing-masing. Salah satu penyebabnya adalah karena fanatisme madzhab yang berlebihan.

Dulu di negeri kita, soal qunut tidak qunut, menjadi bahan pertikaian selama puluhan tahun di akar rumput, antar pendukung ormas yang berbeda. Lagi-lagi karena fanatisme berlebihan.

Semoga kita semua belajar dari hal ini. Berbeda, khususnya dalam perkara furu’-ijtihadi adalah hal yang wajar, bahkan tidak bisa dihindari, sebagaimana telah maklum di kalangan ulama.

Jika kita punya kafaah ‘ilmiyyah, silakan mendiskusikan perbedaan tersebut dalam forum ilmiah, dengan semangat mencari pendapat yang terkuat. Namun, mari hindari menjatuhkan pribadi lawan diskusi, apalagi sampai taraf menghilangkan kehormatannya, dengan olok-olokan dan semisalnya.

Dan yang juga penting, mari didik akar rumput masing-masing, yang mengeja alif ba ta saja masih sulit, untuk tahu diri, tidak usah ikut-ikutan diskusi, apalagi ikut-ikutan mengolok-olok lawan diskusi.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén