Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Ushul Fiqih

Ilham Menjadi Hujjah?

Wahbah az-Zuhaili, ulama kontemporer bermadzhab Syafi’i-Asy’ari, dalam Ushul al-Fiqh al-Islami (2/220) saat menyinggung konsep kema’shuman para Imam dalam ajaran Syi’ah, yang mengklaim bahwa imam-imam mereka mendapatkan ilham langsung dari Allah ta’ala sehingga perkataan mereka benar dan sesuai dengan hukum Allah, menegaskan bahwa ilham tidak bisa dijadikan sebagai hujjah.

Ilham mengandung kemungkinan berasal dari Allah ta’ala, namun mungkin juga berasal dari syaithan. Hal ini ditunjukkan oleh firman Allah ta’ala dalam surah al-An’am ayat 121:

وَإِنَّ الشَّياطِينَ لَيُوحُونَ إِلى أَوْلِيائِهِمْ لِيُجادِلُوكُم

Ilham juga mungkin berasal dari waswas diri sendiri, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah ta’ala surah Qaf ayat 16:

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسانَ وَنَعْلَمُ ما تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ

Karena mengandung beberapa kemungkinan ini, maka ilham tidak bisa dijadikan sebagai hujjah.

Selain kalangan Syi’ah, sebagian kelompok shufi juga menjadikan ilham sebagai hujjah. Menurut mereka, ilham atau mukasyafah adalah hujjah, dan wajib beramal dengannya. Az-Zuhaili menyatakan pendapat ini sebagai pendapat yang batil.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui social media seperti facebook, twitter dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Abu Furqan Al-Banjary

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Pimpinan Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Leave a Reply

Theme by Anders Norén