Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Ilmu dan Amal

Dalam Islam, ilmu dan amal adalah satu kesatuan, tak terpisahkan. Amal harus berlandaskan ilmu, dan ilmu harus berbuah amal shalih.

Adapun dari sisi nasehat kepada umat Islam, kita perlu berikan sesuai kadar yang diperlukan oleh mereka.

Saat ini, banyak umat Islam yang mengabaikan ilmu, beramal tanpa ilmu. Mereka menyibukkan diri dengan dunia, dan tak punya perhatian dalam pendalaman ilmu syar’i. Di sisi lain, mereka ini sebagiannya ternyata rajin ‘beramal’ dan ‘mengajak orang lain beramal’.

Pada orang-orang seperti ini, nasehat untuk mendalami ilmu sangat diperlukan. Kata-kata Imam al-Bukhari, “Ilmu itu sebelum perkataan dan perbuatan” harus sering-sering diulang, agar mereka punya perhatian terhadap ilmu syar’i, agar mereka mau menjadi penuntut ilmu yang serius.

Kita tentu masih ingat dengan sifat-sifat kelompok sesat Khawarij. Mereka adalah kelompok yang sangat rajin beramal. Shiyam dan qiyam mereka luar biasa. Sebagian mereka bahkan para penghafal al-Qur’an. Keseharian mereka berhiaskan amar ma’ruf dan nahi munkar (berdasarkan zhann mereka).

Tapi, mengapa mereka divonis sesat oleh seluruh ulama yang lurus manhajnya? Mengapa Rasul sendiri menyifati mereka dengan sifat-sifat keburukan? Jawabannya, karena mereka beramal tanpa ilmu yang benar. Ini yang harus kita waspadai.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén