Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Hadits

Keutamaan Mempelajari Ilmu Agama

Pada postingan kali ini, saya akan menyampaikan hadits-hadits shahih tentang keutamaan mempelajari ilmu agama. Hadits-hadits tersebut saya ambil dari kitab Riyadhus Shalihin karya Imam an-Nawawi rahimahullah, ditambah dengan takhrij hadits-hadits tersebut yang saya kutip dari situs lidwa.com. Semoga bermanfaaat.

Hadits Pertama:

من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين

Artinya: “Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah kebaikan atasnya, maka Allah memahamkannya terhadap ilmu agama.

Takhrij hadits:

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab al-‘Ilm no. 69, kitab Fardh al-Khumus no. 2884, kitab al-I’tisham bi al-Kitab wa as-Sunnah no. 6768. Diriwayatkan juga oleh Imam Muslim dalam kitab az-Zakah no. 1719, 1721, kitab al-Imarah no. 3549. Hadits ini juga diriwayatkan oleh imam-imam yang lain.

Hadits Kedua:

لا حسد إلا في اثنتين ، رجل آتاه الله مالا فسلطه على هلكته في الحق ، ورجل آتاه الله حكمة فهو يقضى بها ويعلمها

Artinya: “Tidak boleh hasad (iri) kecuali pada dua hal, (pertama) kepada seseorang yang dikaruniai Allah harta, lalu ia membelanjakannya dalam kebenaran, (dan yang kedua) kepada seseorang yang diberi Allah hikmah (ilmu), dan ia memberi keputusan dengan ilmu tersebut dan mengajarkannya.”

Takhrij hadits:

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab al-I’tisham bi al-Kitab wa as-Sunnah no. 6772 (dengan sedikit perbedaan redaksi). Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shalah al-Musafirin wa Qashruha no. 1352 (redaksi sesuai dengan yang tertulis diatas). Hadits ini juga diriwayatkan oleh imam-imam yang lain dengan sedikit perbedaan redaksi kalimat.

Hadits Ketiga:

ومن سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له طريقا إلى الجنة

Artinya: “Barangsiapa yang menempuh jalan untuk menuntut ilmu (agama) maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.”

Takhrij hadits:

Dalam kitab Riyadush Shalihin disebutkan bahwa hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim. Namun ketika saya search di situs lidwa.com, saya tak menemukan hadits ini di Shahih Muslim, malahan hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah. Jika ada yang bisa menjelaskan hal ini saya ucapkan jazaakallah khairan.

Saya rasa tiga hadits diatas sudah sangat cukup untuk memotivasi kita mempelajari ilmu agama. Semoga kita tak termasuk orang yang tertipu dengan kehidupan dunia ini, yaitu yang melalaikan kewajiban menuntut ilmu agama dengan berbagai dalih dan alasan yang dibuat-buat.

——————————

[revisi 28 April 2013]

–> Setelah saya cek di Maktabah Syamilah, hadits wa man salaka thariiqan… memang ada di Shahih Muslim.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Comments are Closed

Theme by Anders Norén