Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Maklumat

Ada beberapa maklumat yang kita anggap benar selama ini ternyata kita dapatkan melalui ‘cara yang keliru’, sehingga kesimpulan tentang maklumat tersebut pun jadi keliru.

Misal, di lingkungan kita kata ‘fitnah’ dimaknai dengan tuduhan dusta, sehingga saat kita mendengar ayat Qur’an “al-fitnatu asyaddu minal qatli”, kita pun langsung berkesimpulan bahwa “tuduhan dusta kepada orang lain itu lebih kejam dan lebih buruk dari pembunuhan”. Itu diperparah lagi ketika kita mendapat pembenaran dari -misalnya- seorang penceramah yang menjelaskan hal ini sesuai dengan yang kita pahami.

Seandainya kita mau sedikit bersusah payah, menanyakan makna yang benar dari kata “fitnah” pada “al-fitnatu asyaddu minal qatli” tersebut kepada seorang alim pengkaji tafsir yang memang mumpuni ilmunya, atau kita langsung mengecek maknanya di kitab-kitab tafsir mu’tabar, tentu akan terbuka mata kita, bahwa pemahaman kita sebelumnya itu keliru.

Yang saya sebutkan di atas hanya satu contoh. Masih banyak contoh lain.

Untuk menghindari hal ini, yang wajib kita lakukan adalah belajar “bagaimana metode yang benar untuk mendapatkan maklumat yang benar terhadap suatu perkara”.

Dan terkait konsep-konsep Islam, telah banyak ulama yang kapasitas keilmuannya tak diragukan lagi, yang mereka banyak dipuji oleh ahli ilmu, yang telah menuliskannya dalam karya-karya mereka. Maka, agar pemahaman kita terhadap konsep-konsep Islam tidak keliru, belajarlah dari mereka. Bacalah karya-karya mereka. Ikutilah majelis ta’lim yang diampu mereka -jika itu ada di daerah kita-.

Jangan biarkan diri kita terus diliputi oleh maklumat yang keliru, karena cara mendapatkannya yang keliru.

Salah cara belajar dan belajar pada yang salah, akan menyebabkan kita menyerap pengetahuan yang salah namun kita sangka benar.

Wallahu a’lam bish-shawwab.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui social media seperti facebook, twitter dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Abu Furqan Al-Banjary

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Pimpinan Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Leave a Reply

Theme by Anders Norén