Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Mengapa Kita Perlu Belajar Bahasa Arab?

Allah subhanahu wa ta’ala memuliakan bahasa Arab dengan dua perkara besar, yaitu (1) kitab-Nya, Al-Qur’an, diturunkan dalam bahasa Arab, dan (2) Rasul-Nya yang terakhir dari bangsa Arab dan berbicara dalam bahasa Arab. Dan ini berarti, dua sumber utama ajaran Islam, Al-Qur’an dan As-Sunnah, berbahasa Arab. Inilah keutamaan bahasa Arab dibanding bahasa lainnya.

Imam asy-Syafi’i rahimahullah berkata, “Sesungguhnya lisan (bahasa) yang dipilih Allah ‘azza wa jalla adalah lisanul ‘arab. Dengannya Dia menurunkan kitab-Nya yang agung, Dan Dia jadikan ia (bahasa Arab tersebut) sebagai bahasa penutup para Nabi-Nya, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, kami katakan seharusnya setiap orang yang yang mampu mempelajari bahasa Arab agar mempelajarinya.” (Iqtidha ash-Shirath al-Mustaqim [1/521]).

Syaikhul Islam Ibn Taimiyah rahimahullah berkata, “Dan sesungguhnya bahasa Arab itu sendiri merupakan bagian dari diin. Mengenalnya merupakan hal yang fardhu, karena memahami al-Kitab dan as-Sunnah fardhu, dan keduanya tidak bisa dipahami kecuali dengan memahami bahasa Arab. Sebuah kewajiban yang tidak bisa sempurna kecuali dengan sesuatu, maka sesuatu itu wajib juga hukumnya.” (Iqtidha ash-Shirath al-Mustaqim [1/527]).

Sayyiduna ‘Umar ibn al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu berkata, “Pelajarilah bahasa Arab, karena ia merupakan bagian dari diin kalian.” (Iqtidha ash-Shirath al-Mustaqim [1/528]).

Jika para ulama dan pemimpin umat Islam, salaf dan khalaf, telah berbicara dan bersepakat tentang keharusan belajar bahasa Arab, hanya kerasnya hatilah yang membuat kita tetap tak tergerak untuk belajar bahasa Arab. Dan, hati yang keras, hati yang tertutup dari kebenaran, bukanlah sifat orang-orang beriman, ia adalah sifat orang-orang kafir dan munafiq, wal ‘iyaadzu billah.

Mari belajar bahasa Arab.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén