Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Musuh dan Saudara

Musuh kita adalah syaithan dan orang-orang kafir yang memusuhi Islam dan kaum muslimin. Kita membenci dan memusuhi mereka karena kekafiran dan permusuhan mereka terhadap Islam dan kaum muslimin. Islam dan kekufuran akan terus bermusuhan dan berperang hingga akhir zaman.

Sedangkan saudara-saudara muslim kita, apalagi yang sama-sama memperjuangkan Islam, sama-sama mendakwahkan Islam, bukanlah musuh kita, walaupun bisa jadi metode perjuangan anda dan mereka berbeda, walaupun cara pandang anda dan mereka pada beberapa persoalan berbeda.

Jangan sampai perbedaan-perbedaan semacam ini malah menumbuhkan rasa permusuhan anda pada mereka. Jangan sampai hanya karena berbeda metode, anda anggap mereka satu shaf dengan orang-orang kafir yang memusuhi Islam, sehingga bukan wajah persaudaraan yang anda tampilkan, namun wajah permusuhan.

Tak sadarkah kita, permusuhan dan pertikaian sesama muslim adalah keinginan musuh-musuh Islam. Mereka tertawa riang saat kalian saling caci, saling hujat, saling benci. Mereka kegirangan saat kalian saling bermasam muka, tak mau bertegur sapa, hanya karena beda bendera.

Jika saudara muslim anda keliru -menurut pandangan anda-, tegurlah dan ingatkanlah baik-baik, jangan malah sumpah-serapah, seluruh penghuni kebun binatang keluar semua dari mulut anda. Ingatlah, mereka saudara kita, bukan musuh kita.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén