Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Prioritas Belajar

Oleh: Abu Furqan Al-Banjari

Waktu kita terlalu singkat untuk mempelajari segala hal, maka mari belajar berdasarkan urutan prioritas. Dan Islam, sebagai diin yang syamil dan kamil, telah memberikan tuntunannya.

Urutan utama adalah tauhid. Ini adalah hal yang paling utama dipelajari, karena ia akan menunjukkan jalan keselamatan dunia dan akhirat kita.

Setelah itu adalah fiqih, terutama terkait amaliyah fardhu harian, pekanan, dan tahunan kita. Demikian pula pembahasan tazkiyatun nafs dan akhlak-akhlak Islami. Setiap muslim wajib mengetahui semua hal ini.

Setelah itu kita masuk ke fardhu kifayah. Mayoritas al-‘uluum al-islamiyyah hukumnya fardhu kifayah dipelajari. Bahkan, untuk bahasa Arab, sebagiannya fardhu ‘ain, sebagiannya lagi fardhu kifayah.

Pendalaman fiqih, ushul fiqih, ulumul Qur’an, ulumul Hadits, tafsir dan semisalnya merupakan fardhu kifayah. Wajib atas sebagian kaum muslimin mempelajarinya, sampai mencukupi kebutuhan kaum muslimin.

Walaupun ‘hanya’ fardhu kifayah, namun melihat urgensinya di masa sekarang, dan pengabaian mayoritas umat Islam terhadapnya, maka mempelajari ilmu-ilmu keislaman ini sangatlah prioritas.

Setelah itu kita masuk ke ilmu-ilmu ‘dunia’ yang fardhu kifayah, yang umat memerlukannya untuk kemaslahatan mereka, seperti ilmu kedokteran, matematika, dan semisalnya.

Jangan sampai kita menyibukkan diri mempelajari hal-hal yang tidak diwajibkan oleh diin kita, sedangkan hal-hal yang wajib kita pelajari malah kita abaikan.

Wallahu a’lam bish shawab.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén