Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Sejarah

Saat kaum muslimin di Andalusia dibantai dan dihabisi oleh kaum salibis, saat itu Khilafah ‘Abbasiyah masih ada. Apakah Khilafah saat itu mampu menolong muslimin Andalusia dari pembantaian? Sejarah menjawab, tidak.

Saat bangsa Tartar di bawah pimpinan Hulago Khan membumi hanguskan Baghdad, ibukota Khilafah ‘Abbasiyah, dan tercatat jutaan muslim tewas terbunuh, apakah Khilafah saat itu mampu menolong mereka dan menghancurkan Tartar? Jawabannya, tidak. Bahkan sang khalifah pun ikut terbunuh.

Di saat Khilafah ‘Abbasiyah masih ada, Al-Aqsha sempat direbut dan dikuasai oleh pasukan Salib. Apakah Khilafah saat itu juga mampu membebaskannya kembali? Tidak. Beberapa lama kemudian, baru Shalahuddin Al-Ayyubi berhasil membebaskannya.

Saat negeri-negeri Islam dicaplok ramai-ramai oleh Inggris, Prancis, Spanyol, Belanda dan teman-temannya, Khilafah ‘Utsmaniyyah saat itu masih ada. Apakah Khilafah saat itu berhasil menghentikan pencaplokan di seluruh negeri Islam? Jawabannya kembali, tidak. Bahkan, akhirnya Turki ‘Utsmani runtuh oleh (salah satunya) konspirasi Inggris.

*****

Sejarah telah mengajarkan kita untuk tak berpikir terlalu sederhana dan simplistis, bim salabim abra kadabra. Faktor-faktor kemenangan itu ada, dan bahkan dicatat oleh para ulama, dan itu tidak simpel seperti yang ada di kepala sebagian kita.

Mari kita belajar lagi. Mari baca sejarah Islam dari karya para ulama. Mari baca karya para ulama tentang bagaimana memenangkan kembali umat Islam. Mari kita belajar lagi.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui social media seperti facebook, twitter dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Abu Furqan Al-Banjary

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Pimpinan Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Leave a Reply

Theme by Anders Norén