Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Syarat Seorang Da’i

Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili menyatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang da’i, yaitu:

1. Memiliki ilmu terhadap al-Qur’an dan as-Sunnah, serta sirah Nabawiyah dan sirah khulafa rasyidin.

2. Mempelajari bahasa kaum yang akan mereka dakwahi kepada Islam. Karena tujuan dakwah tidak akan tercapai tanpa hal ini.

3. Mengenal berbagai tsaqafah dan ilmu-ilmu umum yang berkembang sekarang, mengenal keadaan, akhlak, dan tabiat berbagai kaum, mengenal berbagai ajaran agama dan aliran kepercayaan, serta syubhat berbagai aliran dan prinsip ekonomi dan sosial di masa kini, serta posisi Islam menghadapi semua itu.

Sumber: at-Tafsir al-Munir karya Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, Ali Imran 104.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Comments are Closed

Theme by Anders Norén