Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Tips Agar Istiqamah Belajar Bahasa Arab

Berikut beberapa tips agar bisa istiqamah belajar bahasa Arab:

1. Memahami bahwa bahasa Arab adalah kunci pertama untuk benar-benar memahami al-Qur’an dan as-Sunnah. Dan keterikatan terhadap al-Qur’an dan as-Sunnah tidak akan sempurna jika kita belum benar-benar memahami dua sumber diinul Islam tersebut. Selama kita terus berkomitmen untuk terikat dengan al-Qur’an dan as-Sunnah, selama itu juga kita seharusnya tetap berkomitmen untuk belajar bahasa Arab.

2. Imam asy-Syafi’i rahimahullah (sebagaimana disebutkan di beberapa kitab) menyatakan bahwa ilmu itu hanya akan didapatkan -salah satunya- dengan panjangnya waktu belajar. Dan seluruh ulama yang ilmu dan karya ilmiahnya masih dikaji dan dimanfaatkan oleh umat Islam hingga sekarang, dalam perjalanan hidup mereka, mereka telah belajar ilmu-ilmu keislaman dalam waktu yang sangat lama. Dan bahasa Arab adalah salah satu cabang ilmu tersebut. Tidak maukah kita meraih atau minimal mendekati kedudukan mereka???

3. Mencari komunitas dan pergaulan yang mendukung keistiqamahan kita belajar bahasa Arab. Jika kita berada pada komunitas yang sama-sama bersemangat untuk belajar bahasa Arab, sama-sama memiliki kesungguhan dalam thalabul ‘ilmi, dan sama-sama berkomitmen untuk istiqamah di jalan para thalibul ‘ilmi, insyaAllah jalan untuk istiqamah akan lebih mudah.

4. Melengkapi diri dengan segala fasilitas yang mendukung proses belajar bahasa Arab kita. Alhamdulillah, saat ini sudah banyak software, audio, video, dan website yang bisa mendukung proses belajar kita. Mari kita akses secara rutin semua fasilitas pendukung tersebut, insyaAllah semangat kita untuk belajar bahasa Arab akan terus terjaga.

Semoga kita terus semangat mempelajari ilmu-ilmu keislaman, sebagai salah satu wasilah kita mendapatkan ridha Allah ta’ala dan surga-Nya yang luasnya seluas langit dan bumi.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Abu Furqan Al-Banjari

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Direktur Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin & Direktur Madrasah Fiqih Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjari

Comments are Closed

Theme by Anders Norén