Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Fikrah

Tsawabit dan Mutaghayyirat dalam Politik Islam

Oleh: Muhammad Abduh Negara

Hal-hal terkait pengaturan negara, seperti pembentukan lembaga-lembaga negara, pembatasan masa jabatan penguasa, pembagian wilayah kekuasaan, cara memilih penguasa, dan semisalnya merupakan persoalan-persoalan yang berada di bawah payung siyasah syar’iyyah, hukum asalnya mubah selama mengandung kemaslahatan bagi umat Islam dan tidak menabrak sendi-sendi pokok agama Islam.

Yang pokok adalah bagaimana kekuasaan itu membawa kebaikan bagi umat Islam, ditegakkannya hukum-hukum Allah, dan dibangun keadilan di tengah-tengah umat. Jika terjadi penyimpangan dalam prinsip ini, umat Islam -terutama para ulamanya- wajib untuk melakukan aktivitas nahi munkar semampu yang ia bisa.

Mendudukkan dua persoalan ini sama-sama sebagai pokok, akan melahirkan kejumudan. Perkara-perkara yang hanya merupakan wasilah dan teknis, saat diposisikan sebagai sesuatu yang qath’i, akan membuatnya sangat kaku, padahal kondisi zaman memerlukan tinjauan ulang atas wasilah dan teknis yang telah berlaku di masa lalu. Padahal dalam perkara-perkara seperti ini, berlaku kaidah fiqih:

لا يُنْكَرُ تغيّرُ الأحكامِ بتغيُّرِ الأزمانِ

“Tidak diingkari perubahan hukum karena perubahan waktu.”

Sebaliknya, mendudukkan dua persoalan ini sama-sama sebagai mutaghayyirat yang selalu bisa berubah tiap zaman, akan melahirkan pemikiran liberal, yang selalu berusaha menyesuaikan Syariat dengan hawa nafsunya. Ia tak memahami mana yang tsawabit mana yang mutaghayyirat, mana yang ditetapkan nash sharih dan qath’i, mana yang ditetapkan melalui ijtihad yang kesimpulannya zhanni. Semua ia tabrak, jika bertentangan dengan hawa nafsu atau pikiran bebas tak terkontrolnya.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Whatsapp dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/

Disclaimer: http://www.abufurqan.net/disclaimer/

Abu Furqan Al-Banjari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén