Blog Abu Furqan

Meniti Jalan Para Ulama

Tafsir Al-Qur'an

Umat Islam Adalah Umat yang Terbaik

Imam Ibnu Katsir menyatakan bahwa ‘ummatan wasathan’ maksudnya adalah umat yang terbaik. Sebagaimana suku Quraisy dianggap ‘awsathul ‘arab’, yang terbaik di antara bangsa Arab, baik nasab maupun negerinya. Sebagaimana Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dianggap ‘wasath’ di kaumnya, yaitu yang paling mulia nasabnya. Sebagaimana juga shalat ashar dianggap sebagai ‘shalat wustha’, yaitu shalat yang paling utama.

Allah menjadikan umat ini sebagai umat terbaik, dengan mengkhususkan untuk umat ini syariat yang paling sempurna, manhaj yang paling kokoh, dan madzhab yang paling jelas.

Sumber: Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim karya Ibnu Katsir, Surah al-Baqarah ayat 143.

Jika Anda menyukai tulisan ini, silakan bagikan melalui social media seperti facebook, twitter dan lainnya. Anda juga boleh menyalin isi tulisan ini ke website atau blog pribadi, tanpa perlu izin khusus, selama tetap mencantumkan nama penulis aslinya dan alamat blog ini.

Mohon doakan juga kebaikan bagi penulis dan keluarga di dunia dan akhirat, serta ditambahkan ilmu, dilapangkan rezeki dan dimudahkan seluruh urusannya.

Tentang Kami: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Abu Furqan Al-Banjary

Dikenal juga dengan nama "Muhammad Abduh Negara". Pimpinan Ma'had Al-Mubarak Banjarmasin. Profil lengkap bisa baca di: http://www.abufurqan.net/tentang-kami/
Abu Furqan Al-Banjary

Comments are Closed

Theme by Anders Norén